8.2.13

Qaher-313 Fighter Jet Baru buatan Iran

Iran telah meluncurkan jet tempur baru, yang dikatakan mirip dengan pesawat tempur buatan AS.Qaher-313 (Penakluk-313) pesawat militer canggih yang dipajang dalam sebuah upacara pada hari Sabtu di hadapan Panglima Iran Angkatan Darat Mayor Jenderal Ataollah Salehi, Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Ahmad Vahidi dan Komandan Republik Islam Iran Angkatan Udara (IRIAF) Brigadir Jenderal Hassan Shah-Safi pada kesempatan Sepuluh-hari perayaan Dawn memperingati kemenangan Revolusi Islam 1979.


Ahmadinejad juga menyatakan bahwa jet tempur telah benar-benar dirancang dan diproduksi oleh para ahli Iran. Qaher-313 dikatakan mirip dengan F/A-18 AS, meskipun penampilan mirip dengan F-5E / F Tiger II. jet ini memiliki satu kursi dan telah dibuat berdasarkan teknologi terbaru dan prestasi pertahanan modern.
Dalam beberapa tahun terakhir, Iran telah membuat prestasi besar di sektor pertahanan dan mencapai swasembada peralatan militer penting dan sistem pertahanan. Azarakhsh (Petir) adalah jet tempur pribumi pertama Iran. Saeqeh (Thunderbolt) jet tempur adalah pesawat jet kedua, berasal dari Azarakhsh. Iran meluncurkan skuadron pertama dari pembom tempur Saeqeh dalam pertunjukan udara pada bulan September 2010.
Teheran telah berulang kali meyakinkan negara-negara lain, khususnya negara tetangga, bahwa kekuatan militernya tidak menimbulkan ancaman bagi negara-negara lain, yang menyatakan bahwa doktrin pertahanan semata-mata didasarkan pada pencegahan.