25.6.13

Women's Self Defense : Teknik Bela Diri Khusus Wanita

Women's Self Defense : Teknik Bela Diri Khusus Wanita




Dunia yang kian anarki dan kesibukan tingkat tinggi merupakan dua hal yang memaksa perempuan untuk selalu siaga setiap saat. "Aware" terhadap kejahatan yang mengintai kapan dan di mana saja wajib dilakukan. Selain itu kebugaran tubuh tetap perlu dijaga agar tetap prima saat Anda berhadapan dengan keadaan terpojok.

Women's self defense (WSD) merupakan seni beladiri (martial art) yang ditujukan khusus untuk para wanita. Selain berolahraga, wanita diajarkan untuk membela diri mereka dengan teknik gerakan tertentu. Saat ini, institusi WSD telah menjamur terutama di kota-kota besar. Bahkan menjadi gaya hidup baru di tengah kesibukan kaum wanita urban.

WSD tidak hanya mengajarkan pesertanya untuk membela diri mereka, namun juga mengasah kemampuan intuisi para wanita dalam mencium kejahatan yang mendekatinya. Modal utama dari WSD adalah otak, jadi kaum wanita dilatih untuk dapat berpikir jernih meski dalam keadaan terdesak.

WSD dasar yang dapat Anda latih :

  • Selalu waspada saat berjalan sendirian. Lepaskan MP3, earphone dan sebagainya.
  • Gerak tubuh Anda harus selalu terlihat waspada, penyerang biasanya akan memilih korban yang terlihat lemah.
  • Jika terpaksa berjalan sendirian di malam hari, berjalanlah di tempat yang ramai.
  • Jika merasa dikuntit seseorang, segera lepas ikatan rambut dan tetap membuka telinga Anda. Biasanya penyerang akan menarik rambut wanita yang dikuncir ponytail.
  • Jika seseorang menyerang Anda secara verbal dan memojokkan posisi Anda, cobalah untuk mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya terus berbicara hal lain.
  • Jika Anda diserang tiba-tiba, berteriaklah sekencang mungkin dan buat kegaduhan. Ini akan membantu untuk membuat panik si pelaku dan memanggil orang lain untuk membantu Anda.
  • Jika Anda merasa tak sanggup melawan, selagi sempat berlarilah secepat mungkin ke tempat keramaian.

Kejahatan dapat mengintai di mana dan kapan saja. Mengikuti kelas WSD adalah salah satu langkah untuk mencegah hal buruk terjadi pada Anda. WSD akan mengajarkan teknik bela diri jika Anda diserang dalam jarak dekat.